TADZKIROH
Home » Profil Ma’had

Profil Ma’had

GAMBARAN UMUM

Ma’had Aly baitul Qur’an adalah lembaga pendidikan islam, yang memadukan antara pendidikan Tahfizul Qur’an dan Dirosah Al Islamiyah dengan sistem pendidikan mengacu pada penyelenggara pendidikan tinggi di Universitas atau Perguruan Tinggi.

Ma’had Aly Baitul Qur’an Wonogiri pada awalnya berada di bawah naungan Yayasan Asy-syura, namun untuk meningkatkan kinerja dan pengembangan kedepannya, pengelola dialihkan kepada Yayasan Dewan Dakwah Kabupaten Wonogiri. Lembaga pendidikan tinggi ini tidak berada di bawah kelompok tertentu, tidak berafiliasi pada golongan atau jam’iyah tertentu, dan tidak berdiri pada satu sekte tertentu, tetapi berjalan sesuai dengan syari’at Islam.

Ma’had Aly Baitul Qur’an menempatkan drinya sebagai institusi pendidikan yang mengedepankan intelektualitas keilmuan, keilmiyahan berdasarkan AlQur’an dan Sunnah.

Ma’had Aly Baitul Qur’an dalam sosial kemasyarakatan nya mengambil prinsip senantiasa menjalin ukhuwah Islamiyah dan menjalin persatuan dengan berbagai pihak dalam konteks kebaikan yang dibenarkan oleh syari’at Islam

SEJARAH SINGKAT

Berdirinya Ma’had Aly Baitul Qur’an bermula dari niat dr. Rosyid Ridho dan Ust Abu Syauqi untuk menampung dan membina orang-orang yang ingin menghafalkan Al Qur’an.

Dirintis pada 1 Muharram 1428 H, ide sederhana ini diawali dengan menempati masjid Al Faqih Pokoh, Wonoboyo, Wonogiri sebagai kampus II.

Pada tanggal 20 Juli 2008, Ma’had Aly Baitul Qur’an mengajukan izin menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ke Departemen Agama Kabupaten Wonogiri dengan nomor surat : 01/eks/MBQ-WNG/VII/2008. Tanggal 9 September 2008 mendapatka surat izin pendirian pondok pesantren dengan nomor : Kd.11.12/5/BA.01.1/984/2008 yang ditanda tangani Kepala Depag Kab. Wonogiri Drs. H. Mustaqim Asnawi Ahmad. Kemudian diberika nomor statistic pesantren : 512331212031

Pada tahun 2009 pengurus memutuskan untuk menyatukan kampus I dan II menempati lokasi baru di Masjid Hafsoh binti Umar, Pokoh, Wonogiri. Menempati tanah wakaf seluas kurang lebih 2.500 m2 komplek masjid dikembangkan menjadi kampus terpadu Ma’had Aly Baitul Qur’an.

Nama Ma’had Aly Baitul Qur’an berangkat dari pemikiran dan harapan Ust. Abu Syauqi bahwa pesantren yang didirikan ini dapat menjadi “Rumah Al Qur’an”. Rumah pada penghafal Al Qur’an. Tempat yang senantiasa dipenuhi dengan lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an

Mudah mudahan Allah meridhoi dan selalu memberikan kemudahan atas pelaksanaan pendidikan ini.

Scroll To Top